Scanning Jaringan Dengan NMAP

Sekrang gw kembali update informasi tentang scanning jaringan sebelumnya jika kalian belum mendengar atau hanya mempelajari kulit dari jaringan kali ini gw akan berikan metode belajar dengan cara yang langsung kalian peraktekan , tujuan dari informasi ini adalah untuk memahami cara belajar dan juga mempelajari jaringan dari sebuah sistem komunikasi 

Jika kita pelajari lagi sistem jaringan adalah sistem komunikasi antara host satu dengan yang lain, dengan menggunakan protocol TCP/IP dan juga UPD untuk melakukan komunikasi antara host satu dengan yang lain, dan ada dua jenis type jaringan berjalan yaitu 
  1. Jaringan Kabel 
  2. Jaringan Nirkabel atau wireless 
Kalian sudah paham apa itu wireless mari pelajari lagi singkatnya disini LINK WIRELESS dan juga jaringan Kabel kalian bisa pelajari disini LINK , dalam jaringan ada beberapa alat yang harus kalian pelajari dan tidak mungkin gw menuliskan semuanya dalam artikel ini , mungkin akan gw tuliskan di artikel lain dengan tema yang berbeda , contoh peralatan dari yang kecil hingga besar yang perlu kalian pelajari adalah
  • Gadged ( Smartpho / Tablet DKK )
  • Host ( Komputer / Laptop DKK )
  • Server
  • Router 
  • Switch 
  • Repeater 
  • BTS 
  • Satelit 
  • Data Paket jaringan / Protocol 
Dan dalam informasi ini atau artikel ini gw akan memberikan informasi tentang scanning jaringan , yang artinya melihat lalulintas jaringan dan juga mencari tahu tentang HOST dan peralatan apa aja yang berada dalam jaringan kalian , kebetulan di dalam jaringan gw sekarang ada 5 Komputer aktif termasuk yang gw gunakan dan juga ada Smartphone yang terkoneksi dalam jaringan, software yang akan gw gunakan kali ini NMAP dan ZenMAP untuk tampilan GUInya denga gini gw harap cara scanning dan juga analisa jaringan kita semakin kreatif dan juga solid ! 

Gw mulai dari nmap di kali linux , karena gw nggunain kali linux dan gw cocok sama OS sialan ini buatan israel :D dan gw yakin dalamnya juga ada trojanya :D itu sudah pasti !!! cari host gw akan kasih contoh host yang sudah di temukan kali ini adalah ini : http://www.cowboysofcolor.org dengan cara pertama buka terminal kalian dan lakukan PING untuk mengetahui ip-address dari sistem tersebut , dan ambil IP nya lalu gunakan NMAP dengan perintah ini "nmap -sS -O -sV IP-target" seperti pada gambar di bawah ini 
Kalian dapat melihat service port apa saja yang ada di atas, gw akan cari informasi artikel tentang port yang agar kalian bisa belajar lebih dalam lagi , dari sini timbul informasi baru seperti port berapa aja dan apa saja namanya, dengan begini kalian bisa belajar lebih banyak, dan mencari tau di mesin pencari untuk apa dan bagaimana cara kerjanya port-port yang ada di atas tersebut, agar kalian tidak asal meretas akan tetapi kalian juga belajar apa yang kalian retas !!! 

Dan untuk melihat jaringan yang ada di dalam jaringan kalian, atau melihat host berapa aja yang aktif dalam jaringan kalian kalian  bisa menggunakan NMAP dengan  menodifikasi sedikit kode yang kalian gunakan dalam NMAP , karena untuk mencari host maka kalian harus di kaitkan dengan IP ADDRESS block pelajari dulu tentang IP ADDRESS nah untuk mengetahui berapa jaringan kalian kalian gunakan perintah "route -n" di terminal seperti pada gambar di bawah ini 
Oke kalian sudah melihat disitu kalian berada di bawah naungan jaringan yang di pimpin oleh router ber IP-ADDRESS 192.168.100.1 dan juga netblock /24 di tunnjukan dari netmask 255.255.255.0 dan jaringan 192.168.100.0 kalian gunakan NMAP biasa dengan perintah "nmap 192.168.100.0/24" untuk melihat semua HOST yang ada pada jaringan kalian ! seperti di bawah ini 
Sangat banyak ilmu yang harus kalian pelajari bukan :D ada apa itu port dan fungsi port satu sama lain apa dan yaaa beginilah selalu belajar, metode belajarnya setiap mempelajari sistem dan ada informasi yang belum di pelajari harapan gw kalian mempelajarinya mumpung msih ada google untuk belajar mencari informasi dan mendulang kalian dengan ilmu yang luas !!! 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa itu Meterpreter

Tutorial MITM Kali Linux

Mengenal MSF Atau Metasploit