Tutorial Dan Pengertian IP Soofing


Pengertian IP spoofing adalah metode menyembunyikan alamat IP dengan membuat paket IP yang berisi alamat IP palsu dalam upaya untuk meniru koneksi lain dan menyembunyikan identitas ketika Anda mengirim informasi. Bagi yang belum mengetahui apa itu ip address silahkan baca disini
Disini IP spoofing mirip seperti penggunaan proxy dan juga VPN yang mana ketika kita terlacak maka yang terbaca adalah Ip lain bukan IP address yang asli kita gunakan untuk berselancar ke internet oke lanjut ke bawah oke

Istilah spoofing kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada kepala pemalsuan , penyisipan informasi palsu atau menyesatkan dalam e-mail atau netnews header. Header dipalsukan digunakan untuk menyesatkan penerima, atau jaringan aplikasi, mengenai asal dari pesan. Ini adalah teknik umum spammer dan sporgers , yang ingin menyembunyikan asal usul pesan mereka untuk menghindari pelacakan.
Cara kerja IP Spoofing

Internet Protocol atau IP digunakan untuk mengirim dan menerima data melalui Internet dan komputer yang terhubung ke jaringan. Setiap paket informasi yang dikirimkan diidentifikasi dengan alamat IP yang berisi sumber informasi. 

Ketika IP spoofing digunakan informasi yang terungkap pada sumber data yang tidak sebenarnya sumber informasi. Sebaliknya sumber berisi alamat IP palsu yang membuat paket informasi seperti itu dikirim oleh orang dengan alamat IP. Jika Anda mencoba untuk menanggapi informasi tersebut, akan dikirim ke alamat IP palsu kecuali hacker memutuskan untuk mengarahkan informasi ke alamat IP sebenarnya. 

Tujuan IP Spoofing Digunakan
IP spoofing digunakan untuk melakukan kegiatan kriminal online dan untuk pelanggaran  keamanan jaringan . Hacker menggunakan IP spoofing sehingga mereka tidak terjebak spamming dan untuk memperbuat serangan penolakan layanan. Ini adalah serangan yang melibatkan sejumlah besar informasi yang dikirim ke komputer melalui jaringan dalam upaya untuk merusak seluruh jaringan.

IP spoofing juga digunakan oleh hacker untuk menembus  keamanan jaringan dengan menggunakan alamat IP palsu yang mencerminkan salah satu alamat di jaringan. Dengan kata lain dia bisa menggunakan username dan password beserta ip address yang sah pada sebuah jaringan ketika menggunakan metode IP Spoofing. 

Pencegahan IP Spoofing 

Hal ini dimungkinkan untuk melindungi jaringan terhadap IP spoofing dengan menggunakan penyaringan Ingress yang menggunakan paket untuk menyaring lalu lintas inbound. Sistem ini memiliki kemampuan untuk menentukan apakah paket yang datang dari dalam sistem atau dari sumber luar. 

Transmission Control Protokol (TCP) juga dapat digunakan melalui urutan nomor yang digunakan untuk membuat sambungan aman ke sistem lain. Metode ini dapat ditingkatkan dengan mencabut sumber routing pada jaringan untuk mencegah hacker dari mengeksploitasi beberapa potensi terjadinya spoofing.
SUMBER
VIDEO TUTORIAL IP SPOOFING KALI  

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Apa itu Meterpreter

Tutorial MITM Kali Linux

Mengenal MSF Atau Metasploit